GAPUTA (Ganecha Putra Tama)adalah organisasi pencinta alam di SMA 3 Semarang,berawal dari beberapa anak SMA 3 Semarang yang suka naik gunung,yang kemudian membentuk KMPA (Kelompok Muda Pencinta Alam) berdiri pada tanggal 19 Agustus 1982.KMPA selanjutnya menyusun AD dan ART, dan mengusulkan BOPALA (Bojong Pencinta Alam)sebagai nama organisasi. Setelah melalui revisi beberapa kali (sekitar 1 tahun) akhirnya Bpk.Soetiman (kepala sekolah saat pada itu) memberi lampu hijau dengan syarat ditambahkan kegiatan SAR agar lebih dari pencinta alam biasanya. Pada 1 April 1984 dalam suatu upacara kecil Bpk. Soetiman meresmikan organisasi ini menjadi kegiatan ekstrakulikuler dengan nama Ganecha Putra Tama pencinta alam SAR (Gaputa SAR).


Sma Negeri 3 Going Green

Posted on/at Minggu, November 13, 2011 by Ridho




Green School mencakup konservasi biodiveritas dan manajemen lingkungan, khususnya dengan mengacu pada tiga unsur kegiatan konservasi yang saling terkait, yaitu melindungi dan menyelamatkan keanekaragaman hayati (saving), mengkaji keanekaragaman hayati (studying), dan memanfaatkan keanekaragaman hayati (using), serta menggunakan strategi pembangunan berkelanjutan untuk kesejahteraan generasi sekarang dan yang akan datang dengan bersendikan pada pembangunan ekonomi, sosial budaya, dan ekologi yang berimbang sebagai pilar-pilar yang saling memperkuat satu sama lain.  


Green Architecture atau arsitektur hijau adalah sebuah konsep pendekatan terhadap bangunan yang lebih layak dalam masa 25 s.d 30 tahun yang akan datang. Sebuah metode desain sederhana dapat dimanfaatkan untuk meminimalisir dampak bangunan terhadap lingkungan. Konsep tentang arsitektur hijau dapat diterapkan dalam beberapa aspek, antara lain : berkelanjutan, material, efisiensi, energi, guna lahan, pengurangan sampah.
Green Transportation System mengupayakan kampanye dan penggunaan transportasi ke  sekolah yang ramah lingkungan. Sarana transportasi akan diatur berdasarkan model dan sistem penggeraknya. Transportasi mengacu pada kendaraan yang mengurangi dampak polusi udara dan suara yang ditimbulkan. Energi penggerak transportasi berdasar pada energi manusia, energi elektrik dan kendaraan bebas emisi.
Biopori, pembuatan biopori bertujuan untuk memperbaiki siklus hidrologi di lingkungan Sma Negeri 3 dan sekitarnya. Pengembangan biopori ini bertujuan untuk menjamin ketersediaan sumber air di wilayah kota Semarang.
Green Space Management, Penghijauan lanjutan yang dilakukan Sma Negeri 3 Semarang secara garis besar bertujuan untuk menciptakan iklim mikro di lingkungan Sekolah. Hasil inventarisasi awal, flora yang ditanam di Sma Negeri 3 Semarang menunjukkan keanekaragaman jenisnya masih rendah. Sekitar 25% jenis tanaman di kawasan sekolah berpotensi sebagai tanaman inang, tanaman bunga, tanaman penyedia pakan burung, dan tempat bersarang burung.
Media informasi kekayaan hayati di sekolah dan sekitarnya berupa poster yang ditempatkan di beberapa sudut atau jalur sekolah yang sesuai dengan keanekargaman 

0 comments:

Posting Komentar